Selasa, 22 Januari 2013

Cara Mensetting Access Point Linksys WAP54G

Cara Setting Linksys Access Point WAP54G

. Minggu, 2008 Desember 21


Cara menyetting Linksys Access Point ini agak mudah dan ada sulitnya juga. Dari AP ini terdapat CD bawaan serta wizard yang terlalu rumit. Kabel UTP dan adaptor bawaan AP ini harus terpasang dengan baik sehingga lampu LED menyala. Kabel boleh dipasang di port yang mana saja. Setelah itu ikuti petunjuk seterusnya.


Berikut langkah-langkahnya :


  • Reset Akses Poin (AP), dengan memencet tombol reset di bagian belakang akses poin selama 10 detik menggunakan paper clip, biar kita yakin pengaturannya kembali ke default.

  • Berikan Alamt IP pada Laptop/PC dengan alamat 192.168.1.* (bintang bisa diisi apa aja asal bukan 245 dan harus di bawah 255).

  • Sambungkan AP dengan kabel UTP secara langsung.

  • Cek koneksi ke AP dengan menggunakan perintah ping ke alamat 192.168.1.245, kalau ada reply lanjutkan langkah berikutnya.

  • Buka web administrator AP pada browser trus ketikkan alamat diatas (192.168.1.245) di address bar. Kalau keluar kotak dialog user password isikan “admin” (ini adalah default password AP) pada kotak password, sedangkan username biarkan kosong. Klik OK dan anda akan menemukan halaman setting berbasis web dari akses poin ini.



Jika anda berencana menghubungkan akses poin ini di jaringan anda yang mempunyai segmen yang berbeda (misalnya selain 192.168.1.*) ubah IP statisnya ke segmen yang sesuai, atau bisa juga pilih DHCP kalau anda tidak ingin memberikan IP Statis. Cuman yang terakhir mungkin anda akan kesulitan untuk menemukan IP akses poin ini nantinya.

Pada web based control panel dari akses poin ini anda bisa mengatur berbagai settingan yang disediakan oleh WAP54G, misalnya Mode Authentication maupun mengganti password default.

Setalah selesai menentukan IP dari WAP54G ini cabut kabel UTP dari Laptop/PC, trus sambungan ke jaringan anda.

Seharusnya anda sudah bisa untuk mengakses web-based control panel akses poin ini dari jaringan anda.

Selamat mencoba…

0 komentar:

Posting Komentar